Pengertian
Pasar Dan Pemasaran
a. Pengertian Pasar
Pasar
adalah kelompok individual (perorangan maupun organisasi) yang mempunyai
permintaan terhadap barang tertentu, berdaya beli dan berminat merealisasikan
pembeliannya.
b. Pengertian Pemasaran
Pemasaran
adalah kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis (profit atau nonprofit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan
barang dan atau jasa, menetapkan harga, mendistribusikan, serta
mempromosikannya melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai
tujuan perusahaan.
Jenis-Jenis
Pasar
Ø Pasar Konsumen
Sekolompok
pembeli yang membeli barang untuk dikonsumsi, bukan dijual atau diproses lebih
lanjut.
Ø Pasar Industri
Pasar
yang terdiri individu dan lembaga atau organisasi yang membeli barang untuk dipakai
lagi, baik lansung maupun tidak langsung, dalam memproduksi barang lain
kemudian dijual.
Ø Pasar Penjual
Individu
dan organisasi yang membeli barang untuk dijual lagi atau disewakan untuk
mendapatkan laba.
Ø Pasar Pemerintah
Pasar
dimana terdapat lembaga pemerintah, seperti : departemen, direktorat, kantor
dinas dan instansi lain.
Konsep-Konsep
Inti Pemasaran
·
Konsep
Pemasaran
Penentuan
kebutuhan dan keinginan pasar sasaran dan pemberian kepuasan secara lebih
efektif dan efisien dari yang dilakukan pesaing.
·
Konsep
produksi
Konsumen
menyukai produk yang tesedia dan selaras dengan kemampuan dan manajemen
berkosentrasi pada efisiensi produksi dan distribusi.
·
Konsep
Produk
Konsumen
menyukai produk yang bermutu dan kinerja baik serta keistimewaan yang mencolok,
manajemen harus memperbaiki terus-menerus produknya.
·
Konsep
Penjualan
Konsumen
tidak akan membeli banyak produk kecuali manajemen melakukan usaha promosi dan
penjualan yang baik.
Manajemen
Pemasaran
a. Keadaan Permintaan Dan Tugas Pasar
1.
Permintaan
Negatif (negatif demand)
Adalah keadaan sebagian terbesar dari
segmen pasar potensial yang penting tidak menyukai produk atau jasa yang
ditawarkan, bahkan mereka bersedia membayar untuk menghindarinya. Tugas
Pemasarannya adalah positif permintaan
dan nama resminya adalah conversional marketing.
2.
Tidak ada permintaan (no demand)
Berarti orang tidak berminat sama sekali terhadap penawaran suatu produk atau
jasa. Penawaran yang ada dalam keadaan tidak ada permintaan dapat digolongkan
menjadi 3, yaitu :
o
Barangnya
sudah dikenal tetapi dianggap tidak mempunyai nilai, misal barang-barang bekas.
o
Barangnya
sudah dikenal dan dianggap bernilai, tetapi tidak mempunyai nilai untuk pasar
tertentu, missal penawaran perahu di daerah pegunungan.
o
Barangnya
baru ditemukan dan menghadapi keadaan tidak ada permintaan Karena pasarnya
tidak mengetahui tentang adanya barang-barang tersebut, misalnya barang-barang
perhiasan.
Tugas manajer pemasaran pada keadaan
permintaan ini adalah menciptakan permintaan atau “stimulation marketing”
adalah sebagai berikut :
§ Mencoba menghubungkan produk atau jasa
dengan kebutuhan yang ada di pasar. Misal, barang bekas dapat dibuat barang
seni.
§ Mencoba mengubah lingkungan sedemikian
rupa agar barang-barang yang ditawarkan menjadi
bernilai, misal membuat danau rekreasi untuk menciptakan permintaan terhadap
perahu.
§ Menyebar informasi tentang suatu barang
yang baru ditemukan kepasar agar diketahui bahwa barang tersebut ada dan orang
tertarik untuk membeli.
3.
Permintaan
terpendam (latent demand)
Adalah jika sebagian besar orang – orang
mempunyai kebutuhan yang kuat akan sesuatu yang tidak ada dalam bentuk barang
atau jasa yang nyata. Dalam keadaan permintaan seperti ini maka manajer
pemasaran mempunyai tugas untuk mengembangkan permintaan atau disebut “development
marketing”.
4. Permintaan menurun (falling demand)
Adalah suatu keadaan di mana permintaan
untuk suatu produk atau jasa semakin berkurang dari tingkat sebelumnya, dan
diperkirakan akan menurun terus dan jika tidak memperbaiki pasar yang dituju
atau usaha-usaha pemasaran. Tugas pemasarannya adalah “remarketing”.
5.
Permintaan
tidak teratur (irregular demand)
Perusahaan dapat mengalami masa-masa penuh
dan masa-masa sepi atau permintaan tidak teratur, yaitu suatu keadaan dimana
pola pemintaan pada saat-saat tertentu dipengaruhi oleh fluktuasi musim atau
hal-hal lain. Tugas manajemen marketing adalah menyelaraskan permintaan atau
“syncromarketing”, yaitu dengan menyesuaikan permintaan dan penawaran dengan
mengubah pola permintaan misal dengan memberikan harga yang murah pada
masa-masa sepi atau mengenakan harga yang tinggi pada masa-masa ramai.
6.
Permintaan
penuh (full demand)
Adalah suatu keadaan di mana tingkat dan
saat permintaan yang sekarang sama dengan tingkat dan saat permintaan yang
diharapkan. Permintaan pasar dipengaruhi oleh kekuatan-kekuatan yang bersifat
menekan, seperti perubahan kebutuhan dan selera di pasar, persaingan yang
aktif. Biasanya para pesaing akan muncul bilamana suatu produk mengalami
permintaan penuh. Tugas manajer permasaran adalah “maintenance marketing”,
yaitu dengan mempertahankan harga jual, mengendalikan biaya, tetap mengadakan
promosi.
7.
Permintaan
yang berlebihan (overfull demand)
Adalah suatu keadaan dimana permintaan
lebih besar dari pada penawarannnya. Perusahaan merasa tidak mampu untuk
memenuhi permintaan yang lebih besar. Dalam hal ini tugas manajer pemasaran
adalah mengurangi permintaan atau disebut “demarketing”, yaitu dengan menaikkan
harga, mengurangi kegiatan promosi.
8.
Permintaan
tidak sehat (unwholesome demand)
Adalah permintaan beberapa jenis produk
yang dapat dinilai tidak baik dari segi kesejahteraan konsumen, kemakmuran
masyarakat atau penyedia, seperti permintaan rokok, obat-obatan terlarang atau
ganja, dll. Dalam hal ini manajer pemasaran mempunyai tugas untuk merusak atau
meniadakan permintaan atau disebut “countermarketing”.
b. Falsafah Manajemen Pemasaran
Terdapat
5 falsafah/pedoman yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk menjalankan
aktivitas pemasaran, yaitu:
Production
Concept
Konsumen
lebih menyukai produk yang tersedia secara luas dan murah harganya
Product
Concept
Konsumen
menyukai produk produk yang menawarkan kualitas, dan kinerja terbaik, serta
fitur fitur yang inovatif
Selling
Concept
Konsumen
dan pebisnis hanya akan membeli produk yang melakukan usaha usaha pemasaran
yang aktif. Konsumen tidak akan membeli jika tidak ada usaha pemasaran yang
gencar
Marketing
Concept
Kunci
pencapaian sasaran organisasi adalah seberapa efektif suatu perusahaan dalam
menciptakan, menyampaikan, dan mengkomunikasikan nilai pelanggan yang lebih
superior kepada target pasarnya disbanding dengan pesaingnya
Holistic
Marketing Concept
Merupakan
konsep menyeluruh atas relationship marketing, integrated marketing,
internal marketing, social responsibility marketing
-
Relationship
Marketing:
Sasaran
kunci pemasaran adalah mengembangkan relationship secara mendalam dan abadi
dengan semua orang atau organisasi yang dapat mempengaruhi secara langsung
maupun tidak langsung keberhasilan aktivitas pemasaran perusahaan.
Relationship
marketing memiliki tujuan membangun secara bersama-sama relationship jangka
panjang yang memuaskan dengan pihak pihak kunci, seperti: customer, supplier,
distributors, dan partner pemasaran lainnya, sehingga mampu menghasilkan dan
mempertahankan bisnisnya.
-
Integrated
Marketing
Pemasaran
terintegrasi yang memadukan:
·
Product
·
Price
·
Place
·
Promotion
:
ü Advertising
ü Sales promotion
ü Events and experiences
ü Public relations
ü Direct marketing
ü Personal selling
-
Internal
Marketing
Pemasaran
internal merupakan tugas memilih, melatih, dan memotivasi pekerja/employee yang
ingin melayani pelanggan secara baik.
-
Social
Responsibility Marketing
Pemahaman
akan wawasan yang luas serta etika, lingkungan, hokum, dan social dalam konteks
aktifitas dan program pemasaran.
Bauran
Pemasaran
Bauran
Pemasaran atau Marketing Mix adalah kombinasi dari empat variabel atau kegiatan
yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan, yaitu :
a. Produk
Suatu
sifat yang komplek baik dapat diraba maupun tidak dapat diraba, termasuk
bungkus, warna, harga, prestise perusahaan dan pengecer, pelayanan perusahaan
dan pengecer, yang diterima oleh pembeli untuk memuaskan keinginan atau
kebutuhan.
b. Saluran Distribusi
Saluran
yang digunakan oleh produsen untuk menyalurkan dari produsen ke konsumen atau
pembeli industri.
c. Harga
Sejumlah
uang (ditambah beberapa barang kalau mungkin) yang dibutuhkan untuk mendapatkan
sejumlah kombinasi dari barang beserta pelayanannya.
d. Promosi
Arus
informasi atau persuasi satu arah yang dibuat untuk mengarahkan sesorang atau
organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran.
Tujuan
Sistem Pemasaran
Ada
empat alternatif dari sistem pemasaran, yaitu :
a. Memaksimumkan Konsumsi Pekerjaan
Pemasaran
adalah memudahkan dan merangsang konsumsi maksimum, akhirnya menciptakan
produksi, kesempatan kerja, dan kemakmurkan maksimum.
b. Memaksimumkan Kepuasan Konsumen
Tujuan
sistem pemasaran lain adalah memaksimumkan kepuasan konsumen, bukan konsumsi.
Tetapi mengukur kepuasan konsumen tidak mudah, belum adanya tolak ukur kepuasan
dari produk pada individu, kepuasan dari produk atau jasa yang baik diimbangi
oleh kejelekkan dari pencemaran lingkungan, kepuasan yg diterima sesorang
tergantung dari sedikitnya orang lain memiliki barang tersebut.
c. Memaksimumkan Mutu Hidup
Termasuk
didalamnya kualitas, kuantitas, ketersediaan, dan harga pokok barang; mutu
lingkungan fisik; dan mutu lingkungan kultur.
Pendakatan Dalam Mempelajari Pemasaran
a. Pendekatan Seba Fungsi
Dilihat
dari apa saja kegiatan pokok pemasaran, yaitu : pembelian, pengangkutan,
penjualan, penyimpanan, pembelanjaan, penanggungan resiko, standarnisasi dan
grading, pengumpulan informasi pasar.
b. Pendekatan Serba Lembaga
Dilihat
dari lembaga atau organisasi yang terlibat dalam pemasaran, misal : produsen,
suplier, perantara dagang dsb.
c. Pendekatan Serba Barang (Pendekatan
Organisasi Industri)
Studi
tentang bagaimana barang berpindah dari produsen ke konsumen akhir atau
konsumen industri Pendekatan Serba Manajemen Dilihat dari pendapat manajer
serta keputusan yang diambil. Pendekatan Serba Sistem Menyangkut elemen-elemen
yang luas dalam sistem pemasaran termasuk pendekatan serba fungsi, manajemen,
produk, dan lembaga.
Sumber : www.google.com/search
Sumber : www.google.com/search
Tidak ada komentar:
Posting Komentar