Tugas Pemeriksaan Akuntansi Lanjut
Nama : Cintha Valentina
NPM :
21213932
Kelas : 4EB05
Pertanyaan dan jawaban atas kaji ulang:
1.
Bedakan antara
professional sistem, pengguna akhir, dengan pemegang kepentingan.
a. Profesional sistem (system professional) adalah analis,
teknisi sistem, dan programmer. Orang-orang inilah yang akan benar-benar
membangun sistem. Mereka mengumpulkan berbagai fakta mengenai masalah dalam
sistem yang telah ada, menganalisis fakta tersebut, dan merumuskan solusi untuk
mengatasi masalah tersebut. Hasil dari usaha mereka adalah sistem baru.
b. Pengguna akhir (end user) adalah pihak untuk siapa
sistem dibangun. Terdapat banyak pengguna akhir dengan berbagai tingkatan dalam
sebuah perusahaan. Para pengguna tersebut meliputi para manager, personel
operasional, akuntan
dan auditor internal. Dalam beberapa perusahaan, sulit untuk menemukan pihak
yang bukan pengguna. Dalam proses pengembangan sistem, professional sistem
bekerja bersama para pengguna utama untuk mendapatkan pemahaman mengenai masalah
pengguna dan mendapatkan pernyataan yang jelas mengenai kebutuhan mereka.
c. Pemegang kepentingan (stakeholder) adalah orang-orang didalam
atau diluar perusahaan yang memiliki kepentingan atas sistem terkait akan
tetapi bukan merupakan pengguna akhir sistem tersebut. Orang-orang ini meliputi
akuntan, auditor internal dan eksternal, serta komite pengarah internal yang
mengawasi pengembangan sistem.
3.
Apa saja tiga
masalah yang menyebabkan kegagalan sistem?
a.
Kurangnya
penyesuaian pengembangan sistem.
b.
Pengembangan sistem
yang tidak dapat dipelihara.
c.
Adanya kerusakan
dan kesalahan rancangan.
5.
Siapa yang
harus masuk dalam Komite
Pengarah serta tanggung jawab komite pengarah.
Yang
harus masuk dalam Komite
Pengarah serta tanggung jawab komite pengarah
meliputi CEO, direktur keuangan, direktur informasi,
pihak manajemen senior dari berbagai area pengguna, auditor internal dan pihak
manajemen senior dari layanan komputer.
Tanggung jawab komite
pengarah:
a.
Mengatasi berbagai
konflik yang timbul dari sistem baru
b.
Mengkaji berbagai
proyek dan menetapkan prioritas
c.
Menganggarkan dana
untuk pengembangan sistem
d.
Mengkaji status tiap
proyek yang sedang berjalan
e. Menentukan melalui
berbagai titik pemeriksaan diseluruh SDLC apakah akan melanjutkan proyek atau
menghentikannya.
7.
Apa yang dimaksud
dengan perencanaan strategis dan mengapa harus dilakukan?
Perencanaan sistem
strategis (strategic system planning) melibatkan alokasi berbagai sumber daya
sistem ditingkat makro. Biasanya perencanaan ini berhubungan dengan kerangka
waktu tiga hingga lima tahun. Rencana sistem stategis berkaitan dengan alokasi
berbagai sumber daya sistem seperti karyawan (jumlah professional sistem yang
harus dikontrak), peranti keras (jumlah terminal kerja, mini computer, dan mainframe
yang harus dibeli), peranti lunak (dana
yang dialokasikan untuk proyek sistem baru dan untuk pemeliharaan sistem baru),
serta telekomunikasi (dana yang dialokasikan untuk jaringan dan EDI).
Terdapat empat
justifikasi untuk perencanaan sistem stategis:
1.
Rencana yang berubah
secara konstan lebih baik daripada tidak ada rencana sama sekali.
2.
Perencanaan strategis
mengurangi komponen krisis dalam pengembangan sistem.
3.
Perencanaan strategis
sistem memberikan pengendalian otorisasi untuk SDLC.
4.
Perencanaan sistem
strategis memang selalu berhasil baik.
9.
Apa yang dimaksud
dengan pendekatan desain berorientasi pbjek (object-oriented design - OOD)?
Pendekatan desain berorientasi objek (object-oriented design - OOD)
menggambarkan sistem informasi dari berbagai komponen atau objek (object) standar yang dapat digunakan
kembali.
11. Apa saja teknik utama dalam
pengumpulan fakta?
Teknik utama
dalam pengumpulan fakta yaitu:
a.
Observasi
b.
Keterlibatan dalam
pekerjaan
c.
Wawancara personal
d.
Mengkaji dokumen sumber
13. Perbedaan antara sumber data, penyimpanan data, dengan
aliran data.
a. Sumber data (data source) meliputi berbagai entitas eksternal, seperti
pelanggan atau vendor, serta sumber-sumber internal dari berbagai departemen
lainnya.
b. Penyimpanan data (data store) yaitu berbentuk file, basis data, akun, dan
berbagai dokumen sumber yang digunakan dalam sistem.
c. Aliran data (data flow) diwakili oleh perpindahan
berbagai dokumen
dan laporan antar sumber data, penyimpanan data, pekerjaan pemrosesan, dan pengguna.
15. Tujuan dari analisis sistem, dan jenis informasi yang
harus dimasukkan kedalam laporan analisis sistem.
Tujuan analisis sistem yaitu untuk
mengidentifikasi berbagai kebutuhan pengguna dan menspesifikasikan berbagai
kebutuhan untuk sistem yang baru.
Hasil dari tahap analisis sistem adalah laporan analisis formal, yang
menyajikan berbagai temuan dari analisis dan berbagai rekomendasi untuk
perbaikan atau membuat sistem baru.
17. Dua pendekatan dalam desain konseptual sistem.
Pendekatan dalam disain
konseptual sistem:
a.
Pendekatan Terstruktur
Mengembangkan
sistem yang baru dari nol serta dari atas ke bawah.
b.
Pendekatan desain
Berorientasi Objek
Mengembangkan
sistem dari bawah ke atas melalui perakitan berbagai modul yang dapat digunakan
kembali, bukan membuat sistem dari awal.
19.
Pengertian objek,
karakteristik pendekatan berorientasi objek, dan contoh.
Objek adalah
lokasi di memori yang memiliki nilai dan direferensikan oleh pengidentifikasi.
Karakteristiknya, mengambangkan sistem informasi dari berbagai komponen atau
objek standar yang dapat digunakan kembali. Contohnya adalah proses dalam
pembuatan mobil.
21. Siapa yang seharusnya
dilibatkan dalam kelompok pengevaluasian independen dalam melakukan studi
kelayakan terperinci?
Yang
seharusnya dilibatkan dalam melakukan studi kelayakan terperinci adalah komite
pengarah dan juga seorang auditor, fokus utama seorang auditor terletak pada
kelayakan ekonomi sistem yang diusulkan telah diukur seakurat mungkin atau
tidak.
23.
Klasifikasikan
hal-hal berikut ini sebagai biaya yang timbul sekali atau yang berulang-ulang:
a.
Melatih Personel (sekali)
b.
Pemrograman dan
pengujian awal (sekali)
c.
Desain sistem (sekali)
d.
Biaya piranti keras
(sekali)
e.
Biaya pemeliharaan
piranti lunak (berulang-ulang)
f.
Persiapan lokasi (sekali)
g.
Sewa fasilitas (berulang-ulang)
h.
Konversi data dari
sistem lama ke sistem baru (sekali)
i.
Biaya asuransi (berulang-ulang)
j.
Instalasi
perlengkapan awal (sekali)
k.
Pembaharuan piranti
keras (sekali)
25. Diskusikan berbagai
kebaikan dari piranti lunak yang dikembangkan secara internal dengan yang
dikembangkan secara komersial.
Kebaikan
pengembangan piranti lunak secara internal yaitu kemampuan untuk menghasilkan
berbagai aplikasi yang memiliki spesifikasi tepat seperti yang dibutuhkan.
Pengembangan secara internal memberikan para pengguna aplikasi berhak cipta yang
dapat secara ekonomi dipelihara.
27.
Mengapa data uji
harus disimpan setelah digunakan?
Data uji harus
disimpan dengan tujuan untuk memfasilitasi pengujian dimasa yang akan datang
sehingga data uji tersebut dapat digunakan kembali sebagai bahan pengujian.
29. Dokumen yang
biasanya tidak dibutuhkan oleh pemegang kepentingan lain akan tetapi dibutuhkan
akuntan dan auditor untuk sistem baru?
Yaitu dokumen
pengguna. Dokumen pengguna adalah jenis dokumen yang dibutuhkan akuntan dan
auditor karena meliputi berbagai hal seperti memasukan input transaksi,
memeriksa saldo akun, memperbaharui akun, dan membuat laporan output.
Pertanyaan dan jawaban Diskusi
1.
Berikan pendapat
Anda mengenai pernyataan berikut ini: “Tahap pemeliharaan dalam SDLC melibatkan
perubahan mendasar yang mengakomodasi perubahan kebutuhan pengguna.”
Karena
kebutuhan pengguna sistem yang berbeda-beda maka sistem lah yang harus
menyesuaikan apa yang pengguna butuhkan. Sistem dapat dikatakan gagal apabila
tidak dapat memenuhi kebutuhan pengguna atau menyelesaikan permasalahan
pengguna.
3.
Apakah rencana
strategis yang baik berorientasi pada perincian?
Tidak. Karena
pada tahap perencanaan hanya memungkinkan para spesialis untuk fokus terhadap
membuat keputusan berdasarkan informasi yang memadai dengan mempertimbangkan
berbagai faktor yang relevan, seperti harga, ukuran kinerja, keamanan, dan
pengendalian.
5. Apa tujuan yang
diberikan proposal proyek sitem? Bagaimana tujuan ini dievaluasi dan dibuat
prioritasnya? Apakah proses pembuatan prioritas adalah proses yang objektif
atau yang subjektif?
Tujuan dari
proposal proyek adalah untuk memberikan pihak manajemen dasar untuk memutuskan
apakah akan melanjutkan proyek atau tidak. Terkait masalah melanjutkan atau
tidak proyek tersebut manajemen akan mengevaluasi proposal tersebut karena
proposal tersebut berisi ringkasan-ringkasan mengenai temuan dari penelitian
yang telah dilakukan sebelumnya sehingga menjadi bahan pertimbangan manahemen
dalam pengambilan keputusan.
7. Kurangnya dukungan
dari pihak manajemen puncak mengarah pada kegagalan proyek sistem baru selama
tahap implementasi. Mengapa menurut Anda dukungan dari pihak manajemen begitu
penting?
Dalam tahap
implementasi, struktur basis data akan dibuat dan diisi dengan data
perlengkapan akan dibeli dan diinstal, karyawan dilatih, sistem di
dokumentasikan, dan sistem yang baru akan di instal. Proses implementasi
tersebut melibatkan berbagai usaha dari para desainer, programer, administrator
basis data, pengguna dan akuntan. Berbagai aktifitas tersebut membutuhkan biaya
yang besar apabila dari pihak manajemen tidak mendukung secara penuh maka tahap
implementasi tidak bisa dilaksanakan.
9. Bandingkan dan
bedakan antara pendekatan desain terstruktur dan pendekatan berorientasi objek.
Mana menurut Anda yang lebih menguntungkan? Mengapa?
a.
Pendekatan
terstruktur
Mengembangkan
sistem yang baru dari nol serta dari atas ke bawah.
b.
Pendekatan desain
berorientasi objek
Mengembangkan
sistem dari bawah ke atas melalui perakitan berbagai modul yang dapat digunakan
kembali, bukan membuat sistem dari awal.
Jadi, diantara
pendekatan desain terstruktur dan pendekatan berorientasi objek menurut saya
yang lebih menguntungkan adalah pendekatan desain berorientasi objek , karena
pada desain berorientasi objek melakukan metode yang paling tepat dengan
mengembangkan sistem dari bawah ke atas. Dalam hal ini sistem dapat dilihat
secara keseluruhan proyek dan membagi proses ke dalam berbagai fungsi proyek
dan tidak membutuhkan waktu yang relatif lama karena pendekatan ini tidak lagi
merancang sistem dari awal tidak seperti sistem terstruktur.
11. Manfaat tidak
berwujud biasanya sangat sulit untuk diukur secara akurat. Beberapa desainer
beragumentasi bahwa jika Anda tidak memperhitungkannya, maka akan dihasilkan
perkiraan yang konservatif. Manfaat lebih apapun akan diterima, tetapi tidak
disyaratkan untuk keberhasilan sistem yang baru. Apa bahaya dari pernyataan
ini?
a. Hanya biaya yang
daoat dihindari yang digunakan dalam perhitungan manfaat dari penghematan
biaya.
b.
Penggunaan tingkat
bunga yang wajar dalam mengukur nilai sekarang arus kas
c.
Biaya yang timbul
sekali dan biaya berulang dilaporkan secara lengkap dan akurat
13.
Selama prosedur
data uji, mengapa pengembangan harus menguji data yang “buruk”?
Karena data
yang buruk merupakan suatu bukti dokumentasi dalam proses pengembangan sistem
dan dari bukti ini dapat di identifikasi serta di analisis sehingga menjadi
bahan pertimbangan pihak manajemen untuk dalam mencapai tujuan bisnis
perusahaan.
15. Buku petunjuk
operasi untuk operator komputer secara teori sama dengan daftar periksa bagi
pilot pesawat yang digunakannya untuk lepas landas dan mendarat. Jelaskan
mengapa buku petunjuk ini penting.
Buku petunjuk
sangatlah penting karena memuat informasi yang sangat penting mengenai peralatan
tersebut. Misalnya kita membeli sebuah televisi, maka kita akan mendapatkan
buku manual yang didalamnya berisi informasi dasar mengenai bagian-bagian dari
televisi dan fungsinya, cara penggunaannya dan fitur-fitur yang terdapat di
dalamnya, hal-hal yang harus dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan pada
waktu pengoperasian, cara perawatan, spesifikasi teknis dan terakhir biasanya
berupa petunjuk apabila terjadi masalah, hal yang sering ditanyakan dan daftar
alamat yang harus dihubungi bila terjadi sesuatu.
17.
Diskusikan peran
penting melibatkan akuntan dala tahap desain terperinci dan implementasi.
Pekerjaan apa saja yang dilakukan oleh akuntan?
Pada tahap
desain terperinci peran akuntan diperlukan untuk menjamin mutu dari dokumentasi
sistem terbebas dari kesalahan apapun yang terdeteksi. Kalau pada tahap
implementasi peran seorang auditor dalam hal ini peran profesi akuntan publik
(auditor) yaitu menyediakan keahlian teknis, menspesifikasikan standar
dokumentasi dan memverifikasi kecukupan pengendalian.
19. Diskusikan berbagai
ukuran kelayakan yang harus dipertimbangkan. Berikan contoh untuk ukuran
tersebut.
a.
Kelayakan hukum
Pembuat
keputusan harus memastikan diri bahwa sistem yang diusulkan tidak melanggar
batasan hukum yang ada.
Contoh: suatu
sistem diterapkan akan tetapi melanggar privasi serta kerahasiaan yang
disimpan.
b.
Kelayakan
operasional
Menunjukkan
tingkat kesesuaian antara prosedur perusahaan yang ada dengan berbagai keahlian
serta kebutuhan operasional yang baru.
Contoh: saat
sistem diterapkan kita melihat dulu apakah sistem ini layak untuk digunakan
atau tidak.
c.
Kelayakan jadwal
Berhubungan
dengan kemampuan perusahaan untuk mengimplementasikan proyek tersebut dalam
waktu yang dapat ditoleransi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar