Jumat, 31 Maret 2017

Akuntansi Internasional "Akuntansi Komparatif: Amerika dan Asia”

Akuntansi Internasional
Akuntansi Komparatif: Amerika dan Asia


Disusun oleh :
Kelompok 3
Kelas 4EB05
Bismi Ovrilia                         21213767
Cintha Valentina                    21213932
Eki Gusti Pratama                 22213828
Rizki Septa Anugrah             27213941
Sarah Azania                         28213253
Seprianto Lande                    28213372


UNIVERSITAS GUNADARMA
ATA 2016/2017
DEPOK

KATA PENGANTAR           

Dengan memanjatkan Puji serta Syukur kehadirat Allah SWT, karena atas rahmat dan karunia-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan tugas makalah Mata Kuliah Akuntansi Inernasional mengenai “Akuntansi Komparatif: Amerika dan Asia” dengan sebaik-baiknya.
Pada kesempatan kali ini, penulis ingin mengucapkan terimakasih kepada Dr. Imam Subaweh, SE.,MM.,Ak.,CA. selaku Dosen Akuntansi Internasioal yang selalu membimbing dan mendukung dalam proses pembuatan makalah ini. Tidak lupa kami berterimakasih pula kepada semua pihak yang telah ikut membantu dalam pembuatan makalah ini baik materil maupun non-materil sehingga makalah ini dapat disusun dengan baik dan selesai tepat pada waktunya.
Dalam penyusunan makalah ini, kami sadar selaku tim penyusun masih terdapat kekurangan-kekurangan terutama dalam penyajian materi dan bahasa yang digunakan. Untuk itu, kami membutuhkan kritik serta saran yang membangun untuk penyusunan makalah di kemudian hari.
Akhir kata, semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi para pembaca pada umumnya dan bagi penulis khususnya.

                          
Depok, 28 Maret 2017


BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Akuntansi Komparatif Amerika dan Asia
Pada bab ini akan membahas akuntansi dari lima negara, dua di benua Amerika (Meksiko dan Amerika Serikat) serta tiga di benua Asia (Cina, India, dan Jepang). Amerika Serikat dan Jepang memiliki tingkat perkembangan ekonomi yang tinggi, sementara Meksiko, Cina, dan India memiliki perekonomian yang baru “muncul”. Dibandingkan dengan negara lain, Amerika Serikat merupakan pusat perekonomian terbesar dan rumah bagi perusahaan-perusahaan besar bertaraf multinasional. Jepang menjadi negara dengan perekonomian tertinggi kedua serta menjadi rumah untuk bisnis-bisnis terbesar dunia. Kedua negara tersebut merupakan pendiri Komite Standar Akuntansi Internasional (International Accounting Standards committee), sekarang menjadi Dewan Standar Akuntansi Intenasional (IASB-International Accounting Standards Board), dan mereka juga memiliki peraturan utama dalam menjalankan agenda IASB. Sebagai tambahan, kedua lembaga pengatur standar tersebut memiliki komitmen untuk memusatkan prinsip akuntansi umum berlaku nasional (GAAP- national generally accepted accounting principles) dengan standar Standar Laporan Keuangan Intenasional (IFRS-International Financial Reporting Standards).
Pada bab ini kami memilih Meksiko karena kami ingin melibatkan negara dari Amerika Latin. Perbaikan sistem free-market (pasar bebas) yang terjadi pada tahun 1990-an banyak terdapat di Amerika Latin. Perbaikan tersebut termasuk juga menghilangkan perlindungan terhadap impor, menerima investor asing, serta privatisasi perusahaan milik negara. Perbaikan-perbaikan tersebut telah menjalar hingga Argentina, Cile, Meksiko, serta Peru. Pada tahun 1994 North American Free Trade Agreement (NAFTA) (Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara) menciptakan minat baru yang besar pada Akuntansi Meksiko di Kanada, Amerika Serikat, dan negara lainnya. Cina sudah dapat dipastikan sebagai negara dengan populasi terbesar di dunia, perusahaan diseluruh dunia saling bersaing untuk berbisnis disana, sama juga dengan Republik Ceko. Republik Ceko menganut ekonomi pasar secara penuh, sedangkan Cina cenderung ke arah ekonomi pasar sosialis yang merupakan rencana ekonomi dengan adaptasi pasar. India sebagai negara dengan populasi terbesar kedua di dunia digambarkan sebagai “sesuatu yang besar. Tidak ada yang dapat perusahaan besar internasional lakukan tanpa strategi India”. Perbaikan pada tahun 1991 telah menghasilkan transformasi perekonomian yang baik di india.
Meksiko dan India secara sejarah cenderung tertutup untuk investor asing dan persaingan internasional. Kecenderungan tersebut kini mulai berubah, karena pemerintah kedua negara tersebut telah memprivatisasi industri mereka dan membuka diri terhadap ekonomi global.
Area Cina adalah yang terbesar  dibandingkan dengan negara lain. Perbandingan yang mencolok lainnya adalah pada nilai produk domestik kotor (GDP-gross domestic product) per kapita dan sektor. Secara keseluruhan, Cina dan India merupakan negara termiskin dibanding tiga negara lainnya, dan perekonomian mereka lebih mengarah pada pertanian. Nilai GDP (secara absolut dan per kapita) Amerika Serikat serta kapitalisasi stok pasarnya berada jauh di atas negara lain. Amerika Serikat adalah rekan dagang terbesar Jepang, Meksiko, dan India. Jepang juga memiliki perekonomian yang maju seperti yang terlihat oleh nilai GDP (secara absolut dan per kapita serta sektor) serta kaptalisasi stok pasar.
Sistem akuntansi Amerika Serikat pada awalnya mengambil dari Britania Utara (beserta bahasa Inggris dan sistem peraturan yang berlaku). Kebanyakan akuntan pertama di Amerika Serikat adalah ekspatriat asal Inggris.
  

BAB II
PEMBAHASAN

2.1  Lima Sistem Akuntansi Keuangan Nasional
2.1.1 Amerika Serikat
Akuntansi di Amerika Serikat diatur oleh badan sektor khusus Dewan Standar Akuntansi Keuangan (Financial Accounting Standard Board-FASB), akan tetapi yang menjadi penyokong kewenangan terhadap standardisasi mereka adalah agensi kepemerintahan Komisi Keamanan dan Kurs (Securities an Exchange Commission-SEC).
Kunci utama yang memungkinkan sistem shared-power ini bekerja dengan efektif adalah 1973 SEC Accounting Series Release (ASR) No. 150, yang mengemukakan: “komisi bermaksud melanjutkan kebijakan dalam mencari sektor swasta untuk kepemimpinan dalam rangka membangun dan meningkatkan prinsip-prinsip akuntansi. Untuk tujuan praktik kebijakan, prinsip, standar, dan praktik yang dikeluarkan secara resmi oleh FASB dalam interpretasi dari pernyataannya, yang dipertimbangkan oleh komisi yang memiliki dukungan kewenangan substansial, dan bagi yang tidak setuju dengan keputusan FASB akan dianggap tidak memiliki dukungan”


Regulasi dan Pelaksanaan Akuntansi
Sistem yang dianut Amerika Serikat tidak memiliki persyaratan legal untuk publikasi mengenai laporan audit periodik keuangan. Perusahaan di Amerika Serikat dibentuk dibawah hukum negara, bukan hukum federal. Audit tahunan serta persyaratan laporan keuangan secra realistis hanya ada pada tingkat federal saja seperti yang dispesifikasikan oleh SEC. Oleh karena itu, SEC memiliki yurisdiksi terhadap perusahaan-perusahaan yang terdaftar di pertukaran stok AS serta perusahaan yang berdagang over-the-counter.
SEC memiliki kewenangan penuh untuk menjelaskan standar akuntansi dan laporan kepada perusahaan publik akan tetapi bergantung pada sektor swasta dalam penerapan standarisasi tersebut. Oleh karena itu SEC merupakan agensi regulator yang independen, kongres serta presiden tidak memiliki pengaruh secara langsung tehadap kebijakan yang mereka buat. Bagaimanapun, lima komisi penuh SEC dipilih oleh presiden dan disetujui oleh senat, serta SEC hanya memiliki kewenangan yang diberikan melalui keputusan kongres. SEC mengeluarkan acounting series releases, financial reporting release, dan staf accounting bulletins.
Sarbanes-Oxley Act memiliki dasar hukum pada tahun 2002, yang secara signifikan memperluas persyaratan AS dalam perusahaan pemerintah, penjelasan dan laporan, serta regulasi profesi. Diantara semuanya yang paling penting adalah pembentukan PCAOB yaitu sebuah organisasi non-profit yang diawasi langsung oleh SEC. PCAOB memiliki tanggung jawab sebagai berikut:
·   Menetapkan audit, oengendalian kualitas, etika, kemandirian, dan standarisasi lainnya yang berhubungan dengan persiapan untuk laporan audit perusahaan agar aman diketahui publik
·           Mengawasi subjek audit perusahaan publik terhadap keamanan hukum
·           Memeriksa akuntansi firma publik yang telah terdaftar
·        Mendukung akuntansi firma publik, serta memberikan kasus kepada SEC atau badan lain untuk menginvestigasi lebih lanjut.
Laporan auditor terdiri atas dua laporan yaitu laporan keuangan dan pengendalian intern.

Laporan Keuangan
Tiga laporan keuangan tahunan pada perusahaan terbesar di AS memiliki beberapa komponen dibawah ini:
1.        Laporan manajeman
2.        Laporan auditor independen
3.     Laporan keuangan primer (laporan laba rugi, neraca, laporan arus kas, laba rugi komprehensif, perubahan ekuitas pemegang saham)
4.        Diskusi manajemen dan analisis hasil operasional dan kondisi keuangan
5.  Penjelasan mengenai kebijakan akuntansi dengan dampak yang paling kritis pada laporan keuangan
6.        Catatan dan laporan keuangan
7.        Perbandingan data keuangan selama lima atau sepuluh tahun
8.        Data triwulan terpilih

Patokan Keuangan
Peraturan patokan keuangan di Amerika Serikat berasumsi bahwa kesatuan bisnis akan terus berlangsung jika terus diperhatikan. Dasar hitung akrual cukup meresap, serta peraturan transaksi dan pengenalan event sangat bergantung pada konsep yang cocok.
Penggabungan bisnis harus dihitung seperti sebuah pembelian. Goodwill dikapitalisasi sebagai selisih antara harga pasar yang dipertimbangkan dalam pertukaran dengan harga pasar dibawah aset bersih yang diperoleh (termasuk semua aset tak berwujud yang lain). Amerika Serikat bergantung pada harga perolehan untuk menilai aset berwujud dan aset tidak berwujud.
LIFO, FIFO dan metode biaya rata-rata diperbolehkan dan telah digunakan secara luas untuk penetapan harga persediaan. LIFO sudah populer karena dapat digunakan untuk tujuan pajak pengehasil federal. Bagaimanapun, LIFO digunakan untuk tujuan pajak, harus digunakan juga untuk tujuan pelaporan keuangan. Surat-surat berharga yang dapat dipasarkan memiliki nilai di pasar jika surat-surat tersebut termasuk dalam beld-to-maturity dan dinilai pada harga perolehan.
Saat financial lease menjadi bahan dalam pembelian properti, nilai properti tersebut dikapitalisasi dan korespondensi kewajiban dibukukan. Pendapatan pajak dihitung menggunakan metode kewajiban. Pajak yang ditangguhkan diakui karena pengaruh perbedaan sementara antara metode akuntansi pajak dengan keuangan, serta dihitung berdasarkan tingkat pajak yang akan datang yang akan digunakan saat item tersebut kembali. Dibutuhkan alokasi pendapatan pajak yang komprehensif.

2.1.2 Meksiko
Meksiko memiliki free-market ekonomi yang besar: Perusahaan milik pemerintah atau yang dikontrol perusahaan menguasai industri perminyakan dan sarana umum, sedangkan perusahanaan swasta mendominasi pabrik, konstruksi, tambang, hiburan, serta industri pelayanan. Dalam beberapa tahun ini, pemerintah telah memprivatisasi sahamnya dalam industri non-strategis. Perekonomian free-market mulai membaik selama 1990-an yang membantu mengurangi inflasi, meningkatkan pertumbuhan ekonomi, serta membawa dasar ekonomi yang lebih baik. Perbaikan tersebut juga termasuk merombak proteksi terhadap perdagangan, membuka investasi asing, serta menyetujui perjanjian dagang regional. Perjanjian yang paling penting Meksiko adalah North American free trade Agreement (NAFTA), yang ditandatangani juga oleh Kanada dan Amerika Serikat pada tahun 1994. Hampir 60% untuk perdagangan impor dan 90% untuk ekspor Meksiko berasal dariAmerika Serikat. Meksiko merupakan negara dengan perekonomian terbesar kedua belas (dalam hal produk domestik bruto).
Penjelasan praktik perusahaan Meksiko terus dipegaruhi ekspeektasi pasar AS. Gambaran lain dari akuntansi Meksiko adalah menggunakan akuntansi harga umum sebagai dasar perhitungan.
Pengaruh AS terhadap perekonomian Meksiko meluas hingga akuntansi. “Banyak pakar akuntansi di Meksiko turut berkembang dalam “Akuntansi Amerika”, juga digunakannya buku teks dan sastra AS secara luas dalam pendidikan akuntansi serta sebagai panduan dalam menyelesaikan permasalahan akuntansi. NAFTA memberikan tren baru mengenai kerja sama yang lebih kuat antara orgnanisasi Meksiko, Kanada dan Amerika Serikat. Sekarang, bentuk pengaturan standarisasi akuntansi ketiga negara tersebut beromitmen pada program harmonisasi dan mencoba untuk selalu bekerja sama. Sebagai pendiri International Accounting Standards Committee, Meksiko juga beromitmen untuk bekerja sama dengan IFRS. Sekarang Meksiko merunut pada IASB sebagai panduan dalam menyelesaikan permasalahan akuntansi yang muncul, terutama dalam kasus di man tidak tercantum dalam standarisasi Meksiko.

Regulasi dan Pelaksanaan Akuntansi
Mexican Comercial Code dan hukum pendapatan pajak mengandung persyaratan untuk menjaga kumpulan data pembukuan tertentu dan mempersiapkan laporan keuangan, akan tetapi pengaruh mereka terhadap laporan keuangan secara umun tidaklah besar. Standarisasi akuntansi dikeluarkan oleh Council for Research and Development of Financial Information Standards (Conseno Mexicano para la investigacion y Desarollo de Normas de Informacion Financiera-CINIF). CINIF adalah rekanan terencana pada sektor publik (swasta) setelah finacial Accounting Standards Board. Secara spesifik, mereka bertujuan untuk menyatukan GAAP Meksiko dengan IFRS.
Mexican Institute of Public Accountants mengeluarkan standarisasi proses audit melalui Auditing Standards and Prosedures Commision. Institut tersebut, federasi negara bagian, dan asosiasi sosial yang terdaftar sebagai akuntan publik merupakan asosiasi pergerakan independen profesioan non-pemerintah yang mewakili banyaknya akuntan akuntan publik besar. Profesi akuntan di Meksiko sudah berkembang, teratir dan dihormati oleh komunitas bisnis.
Walaupun sistem yang legal berdasarkan pada hukum publik, pengaturan standarisasi akuntansi di Meksiko menggunakan pendekatan sistem Inggris-Amerika, Anglo-Saxon, dari pada pendekatan Eropa kontinental. Proses pengaturan standarisasinya berkembang dengan baik. Sebelum stndarisasi diputuskan, dokumen yang diajukan ditampilkan untuk dikaji ulang dan diberi tanggapan oleh publik. Standar akuntansi dianggap berwenang oleh pemerintah, dan diakui secara khusus oleh National Banking and Secuirities Commision yang meregulasikan Mexican Stock Exchange. Prinsip akuntansi Meksiko tidak membedakan antara perusahaan besar dan kecil, serta dapat diaplikasikan di semua bidang bisnis. Pada beberapa kasus, National Banking dan Secuiritas Commission mengeluarkan peraturan bagi perusahaan terdaftar yang membatasi beberapa pilihan dalam menerima prinsip pembukuan yang berlaku secara umum.
Persyaratan yang dibutuhkan untuk mempersiapkan laporan keuangan dan audit berbeda-beda, tergantung pada tipe dan ukuran perusahaan. Semua perusahaan yang berada di bawah hukum Meksiko harus menunjuk minimal satu auditor berwenang untuk melapor pada pemegang saham terkait laporan keuangan tahunan. Auditor yang berwenang tidak harus seorang akutan publik, akan tetapi saat sebuah firma menggunakan auditor independen, anggota tim audit firma tersebut berlaku sebagai auditor pula. Perusahaan atau usaha gabungan yang telah memenuhi persyaratan harus memeriksa laporan pajak setiap tahun dengan Departemen Audit Pajak Federal dari Kementrian Keunagan. Laporan tersebut sudah termasuk laporan keungan yang telah diaudit, jadwal tambahan, serta laporan auditor yang menyatakan tidak adanya permasalahan mengenai perpajakan selama pemeriksaan. Audit semacam ini harus dilakukan oleh akuntan poublik dari Meksiko, baik pada Mexican Stock Exchange maupun National Banking and Secuirities Commission.

Laporan Keuangan
Tahun fiskal perusahaan di Meksiko harus bersamaan dengan kalender tahunan. Perbandingan laporan keuangan gabungan yang harus disiapkan antara lain :
1.        Neraca
2.        Laporan laba rugi
3.        Laporan perubahan ekuitas pemegang saham
4.        Laporan perubahan posisi keunagan
5.        Catatan
Catatan adalah bagian yang melengkapi laporan atas posisi keuangan (yang dibantu oleh laporan auditor) yaitu antara lain:
·           Kebijakan akuntansi pada perusahaan
·           Ketersediaan materiel
·           Komitmen untuk pembelian saham substansial atau di bawah hak kontrak
·           Penjelasan mendetail mengenai utang jangka panjang dan kurs mata uang asing
·           Batasan dividen
·           Jaminan
·           Rencan pensiun pegawai
·           Transaksi dengan perusahaan sejawat
·           Pajak

Patokan Akuntansi
Laporan keuangan gabungan disiapakan saat induk perusahaan mengontrol perusahaaan lainnya. Kontrol diindikasikan oleh kemampuan untuk memutuskan operasional dan kebijakan perusahaan. Kontrol biasanya dimiliki saat lebih dari 50 persen saham biasa dimiliki, akan tetapi bisa juga didapatkan dengan cara lain, termasuk juga kemampuan dalam memilih manajer atau dewan direksi secara umum. Metode ekuitas digunakan saat terdapat pengaruh tetapi kontrol, biasanya hal tersebut berarti memiliki 10 dan 50 persen. Proyek gabungan mungkin proporsional jika digabungkan atau dibukukan karena menggunakan metode ekuitas. Meksiko mengadaptasi International Accounting Standard No. 21 pada penyesuian pertukaran mata uang asing.
Akuntansi tingkat harga umum telah digunakan Meksiko. Harga perolehan dari aset non-moneter disajikan ulang dalam peso terhadap kekuatan pembelian saat ini dengan menggunakan faktor yang diturunkan dari National Consumer Price Index (NCPI). Komponen atas ekuitas saham juga disajikan ulang menggunakan NCPI. Keuntungan atau kerugian yang didapatkan karena menahan aset moneter dan utang dimasukkan sebagai pendapatn metode berjalan, akan tetapi pengaruh pengaruh penyajian ulang tersebut adalah pada ekuitas pemegang saham. Aset berwujud akan didepresiasi berdasarkan masa manfaat/kegunaannya. Aset tidak berwujud diamortisasi berdasarkan masa manfaatnya (biasanya lebih dari 20 tahun) kecuali manfaatnya tidak terbatas, dimana kasusnya tidak diamortisasi melainkan bergantung pada tes penurunan nialai tahunan.
Biaya penelitian dibebankan saat terjadinya, sementara biaya pengembangan dikapitalisasi dan diamortisasi saat kemungkinan geknologi hadir. Sewa guna usaha termasuk ke dalam financial lease atau operatioanal lease. Pembiayaan sewa-mereka yang mentransfer seluruh keuangan dan risiko kepemilikan aset-adalah dikapitalisasi, sementara pinjaman dari sewa operasional akan muncul sebagai biaya pada laporan laba rugi. Kerugian bersyarat diakui ketika mungkin terjadi dan dapat diukur. Cadangan tidak terduga dapat diterima oleh GAAP Meksiko. Pajak tangguhan disediakan dengan menggunakan metode kewajiban. Biaya pensiun pegawai, premi pegawai senior, serta biaya PHK akan dicaadangkan ketika berdasarkan perhitungan/kalkulasi dari aktuaria. Cadangan yang berhak dibuat dengan mengalokasikan 5 persen pemasukan tiap tahun hingga cadanga setara dengan 20 persen dari nilai modal saham yang beredar.

2.1.3 Jepang
Pembukuan dan laporan keuangan Jepang menggambarkan adanya percampuran dari pengaruh domestik dan internasional. Dua agensi pemerintahan yang terpisah memiliki tanggung jawab regulasi akuntansi, dan terdapat pengaruh yang lebih jauh lagi dari undang–undang pajak penghasilan perusahan Jepang. Pada setengah awal abad ke-20, pemikiran akuntansi merupakan refleksi adanya pengaruh jerman, sisa abad selanjutnya adalah pemikiran AS. Kini, efek dari International Accounting Standards Board telah terasa, dan pada 2001 terjadi perubahan yang besar dengan adanya pembentukan organisasi pengaturan standarisasi akuntansi sektor swasta.
Untuk memahami sistem pembukuan Jepang, kita harus memahami budaya, praktik bisnis, dan sejarah Jepang. Jepang merupakan negara yang masyarakatnya masih memegang kuat tradisi agama dan budaya. Kesadaran dan saling ketergantungan antar pribadi dan keterhubungan dengan perusahaan berbanding terbalik dengan kemandirian dan hubungan singkat antar individu dan grup di negara barat. Perusahan Jepang memiliki ketertarikan ekuitas tersendiri, dan seringkali bergabung dengan firma milik pribadi yang lain. Keterhubungan daerah investasi industri konglomerat raksaksa ini disebut kieretsu.
Bentuk bisnis kieretsu telah ditransformasi saat Jepang mengambil alih perbaikan struktural untuk menggerakan stagnansi ekonomi yang dimulai pada tahun 1990-an. Krisis keuangan yang mengikuti “pergerakan ekonomi” Jepang juga disebabkan oleh review standarisasi standar keuangan Jepang. Menjadi jelas bahwa banyak praktisi akuntansi menyembunyikan kekurangan perusahaan Jepang. Sebagai contoh :
1.  Hilangnya konsolidasi standarisasi menyebabkanadanya perusahaan Jepang yang menutupi kerugian operasional dalam usaha gabungan. Investor tidak dapat melihat apakah kegiatan operaasional perusahaan sepenuhnya benar-benar menguntungkan,.
2.        Kewajiban pensiun dan pesangon hanya diakui sekitar 40 persen dari jumlah pinjaman karena hal itu merupakan batas pengurangan pajak mereka.
3.   Pemegang saham dibebani biaya, bukan berdasarkan harga pasar. Dibuat untuk mempertegas kohesi dari keiretsu, sehingga saham silang sangatlah luas.

Regulasi dan Pelaksanaan Akuntansi
Pemerintahan nasional memiliki pengaruh yang signigikan terhadap akuntansi Jepang. Regulasi akuntansi berdasarkan pada tiga badan hukum: Undang-undang perusahaan (Company Law), undang-undan pertukaran dan sekuritas (Securities and Exchange Law), dan undang-undang pajak penghasilan perusahaan (Corporate Income Tax Law). Tiga badan hukum tersebut saling berhubungan dan berinteraksi satu sama lain. Praktisi terkemuka Jepang menggambarkan situasi tersebut sebagai “­System Legal Triangular”.
Kepemilikan perusahaan publik harus memenuhi persyaratan lanjutan dari undang-undang pertukaran dan sekuritas (SEL), yang diatur oleh Financial Services Agency (FSA) .SEL tersebut dibentuk setelah Securities Acts AS dan menitik beratkan pada Jepang melalui Amerika Serikat selama AS bekerja pada Perang Dunia II. Tujuan utama SEL adalah untuk menyediakan informasi bagi pembuatan keputusan investasi.
Tahap akhir, adalah signifikannya pengaruh kode pajak. Seperti di Prancis, Jerman, dan dimanapun, beban dapat diklaim untuk kebutuhan pajak hanya jika telah di booking secara penuh. Pendapatan kena paajak berdasarkan pada jumlah kalkulasi berdasarkan undang-undang perusahaan, salah satu poin yang ada dalam hukum perpajakan akan diikuti.
Berdasarkan undang-undang perusahaan, laporan keuangan serta jadwal yang mendukung pada perusahaan kecil dan menengah merupakan subjek untuk audit hanya oleh auditor yang berwenang. Baik auditor berwenang atau independen, keduanya harus mengaudit perusahaan yang besar. Auditor independen harus mengaudit laporan keungan yang dipublikasikan oleh perusahaan sesuai dengan undang-undang pertukaran dan sekuritas. Sekuritas auditor yang berwenang tidak memerlukan kualifikasi profesional dan ditugasi oleh perusahaan secara penuh. Auditor yanng berwenang biasanya fokus pada manajerial direktur dan baik bekerja sesuai dengan kewenangannya atau tidak. Auditor independen melibatkan pemerikasaan terhadap laporandan catatan keuangan, sertaa harus dilakukan oleh akuntan publik bersertifikasi (Certified Public Accountants).
Japanese Institute of Certified Public Accountants (JICPA) merupakan organisasi profesional dari CPAs di Jepang. Seluruh CPAs harus termasuk kedalam JICPA. JICPA juga mengeluarkan panduan mengenai permasalahan akuntansi, serta menyediakan input bagi ASBJ dalam mengembangkan standarisasi akuntansi.Standarisasi proses audit yang berlaku umum dikeluarkan oleh BAC daripada JICPA. Certified Public Accountant and Auditing Oversight Board dibentuk pada tahun 2003.

Laporan Keuangan
Perusahaan yang bergabung dibawah undang-undang perusahaan dibutuhkan untuk mempersiapkan laporan yang berwenang untuk disetujui pada saat rapat para pemegeang saham, yang isinya antara lain:
1.        Neraca
2.        Laporan laba rugi
3.        Laporan atas perubahan ekuitas pemegang saham
4.        Laporan bisnis
5.        Jadwal terkait
Catatan yang melengkapi neraca dan laporan laba rugi menggambarkan kebijakan akuntansi dan menyediakan tambahan lain, seperti pada negara-negara lain. Laporan bisnis berisikian ringkasan sistem bisnis dan pengendalian internal mereka, serta informasi mengenai operasional, posisi keuangan dan hasil operasional. Beberapa jadwal pendukung juga dibutuhkan, tetapi terpisah dari catatan, yaitu:
1.        Perubahan pada obligasi dan utang jangka pendek dan panjang
2.        Perubahan pada aktiva tetap dan akumulasi penyusutan
3.        Aset yang dijaminkan
4.        Jaminan utang
5.        Perubahan pencadangan
6.        Jumlah dari dan untuk pemegang saham
7.        Kepemilikan ekuitas dalam anak perusahaan serta jumlah saham anak perusahaan
8.        Penerimaan dari anak perusahaan
9.  Transaksi dengan direktur, auditor berwenang, pemegang saham dan pihak ketiga yang menghasilkan konflik kepentingan.
10.    Pembayaran gaji terhadap direktur dan auditor berwenang
Informasi tersebut disiapkan untuk satu tahun pada dasar induk perusahaan dan di audit oleh auditor yang berwenang. Undang-undang perusahaan tidak membutuhkan laporan arus kas atau dana.
Perusahaan yang terdaftar juga harus mempersiapkan laporan keuangan berdasarkan undang-undang pertukaran dan sekuritas, yang secara umum mebutuhkan dasar laporan yang sama seperti undang-undang perusahaan ditambah laporan arus kas dan dana. Bagaimanapun, dibawah SEL, laporan keuangan gabungan yang bukan laporan induk perusahaan adalah fokus utama. Laporan keuangan beserta jadwal yang diberikan dibawa SEL harus diaudit oleh auditor independen. Dimulai tahun 2008, manajemen perusahaan yang terdaftar harus memasukan perkiraan tahunan mengenai pengendalian internal perusahaan serta surat sertifikasi mengenai keakuratan lapora tahunan. Laporan internal tersebut harus diaudit terlebih dahulu.

Patokan Akuntansi
Undang-undang perusahaan membutuhkan perusahaan besar untuk mempersiapkan laporan keuangan gabungan. Sebagai tambahan, perusahaan yang terdaftar harus mempersiapkan laporan keuangan gabungan dibawah undang-undang pertukaran dan sekuritas. Akun perusahaan pribadi merupakan dasar bagi laporan gabungan, dan prinsip yang sama normalnya digunakan pada kedua tingkatan. Anak perusahaan tersebut dikonsolidasi jika induk perusahaan secara langsung atau tidak mengontrol keuangandan kebijakan operasional mereka. Metode Pooling-Of-Interest (Penyatuan saham) untuk bisnis gabungan digunakan pada situasi tertentu saja dimana tidak ada perusahaan yang mengontrol perusahaan lainnya. Sebaliknya, bisnis gabungan dihitung karena pembelian. Goodwill  dihitung dengan dasar harga pasar aset bersih yang didapatkan dan diamortiasasi lebih dari 20 tahun atau kurang serta subjek terhadap tes penurunan nilai. Metode ekuitas digunakan untuk investasi dalam perusahaan afiliasi ketika perusahaan induk memberikan pengaruh signifikan daripada kebijakan operasional dan finansial. Metode akuitas juga digunakan untuk menghitung proyek gabungan yang proporsional tidak doerbolehkan. Dibawah standarisasi mata uang, aset dan kewajiban dari anak perusahaan asing dihitung dengan tingkat kurs saat itu (akhir tahun), pendapatan dan beban dalam rata-rata serta penyesuaian pertukaran mata uang asing berada dalam ekuitas pemegang saham.
Persediaan yang ada harus dihitung apakah cocok dengan biaya atau lebih rendah atau nilai keuntungan bersih. FIFO, LIFO, serta metode biaya rata-rata semuanya menerima metode cost-flow (arus biaya), dengan rata-rata yang paling populer. Investasi dalam saham dinilai pada harga pasar. Aset tetap dinilai pada biaya dan didepresiasi yang berkenaan dengan hukum perpajakan. Metode ­Declining-balance (saldo menurun) merupakan metode depresiasi yang paling umum. Aset bersih juga diuji dengan penurunan nilai. Biaya penelitian dan pengembangan juga dibebankan saat terjadinya kontrak sewa yang memindakahkan kepemilikan terhadap penyewa dikapitalisasi.

2.1.4 Cina
Cina memiliki ¼ populasi dunia, dan reformasi orientasi pasarnya membantu menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang cepat. Pada akhir tahun 1970-an, pemimpin Cina mulai menggerakkan ekonomi dari program terpusat gaya Soviet menuju sistem yang lebih berorientasi pasar namun masih dalam kendali partai komunis.
Pada tahun 1993, kepemimpinan Cina menyetujui reformasi jangka panjang lagi yang dimaksudkan supaya memberikan fleksibilitas yang lebih pada institusi yang berorientasi pasar. Ciri-ciri penting mencakup pembagian sistem kepemilikan saham, privatisasi dan pengembangan penukaran saham terorganisir, dan pendaftaran saham perusahaan Cina dalam bursa saham Barat.
Ekonomi Cina saat ini digambarkan sebagai ekonomi hibrid, dimana negara mengontrol komoditas dan industri strategis, sementara industri lainnya, seperti perdagangan dan sektor swasta, ditumbuhkan dengan sistem yang berorientasi pada pasar.

Regulasi dan Pelaksanaan Akuntansi
Pada tahun 1992, Departemen Keuangan mengeluarkan Accounting Standards for Business Enterprises (ASBE), sebuah konsep kerangka kerja yang dirancang untuk menuntun perkembangan standar baru akuntansi yang pada akhirnya menyeragamkan praktik domestik dan menyeragamkan praktik akuntansi Cina dengan praktik internasional.
Tahun 1998 mendirikan Komite Standar Akuntansi Cina (The China Accounting Standards Committee – CASC) sebagai lembaga berwenang di dalam departemen keuangan yang bertanggung jawab untuk mengembangkan standar akuntansi.
Tahun 2006, sebuah susunan baru ASBE telah dikeluarkan dengan pendekatan Big Bang mengenai konvergensi. Ketentuan ini menyajikan standar akuntansi Cina yang pada hakikatnya sejalan dengan IFRS.

Pelaporan Keuangan
Periode pembukuan diminta sesuai dengan kalender tahunan. Laporan keuangan terdiri atas:
1.        Neraca
2.        Laporan laba rugi
3.        Laporan arus kas
4.        Laporan perubahan ekuitas
5.        Catatan
Laporan tambahan dibutuhkan untuk pengungkapan penurunan nilai asset, perubahan pada struktur modal, apropriasi laba, dan bisnis, dan segmen geografis. Catatan mencakup sebuah laporan kebijakan akuntansi.

Patokan Akuntansi
Penggabungan usaha dicatat menggunakan metode pembelian. Goodwill adalah perbedaan antara biaya dan harga pasar asset dan kewajiban yang diakuisisi. Perbedaan ini diuji untuk tes penurunan nilai tahunan. Untuk menghitung usaha gabungan digunakan metode ekuitas.
Harga perolehan adalah basis untuk penilaian asset berwujud. FIFO dan rata-rata adalah metode pembiayaan yang bisa diterima dan persediaan ditulis dengan penurunan harga dan keusangan. Asset dinilai kembali ketika perubahan kepemilikan terjadi, seperti ketika perusahaan pemerintah diprivatisasi.

2.1.5 India
India berada di belahan benua Asia selatan, dengan Pakistan disebelah, Cina, Nepal, dan Bhutan di sebelah utara, dan Bangladesh sebelah timur. Pegunungan Himalaya, Pegunungan tertinggi di dunia, berada disebelah utara india. Pesisir India adalah Laut arab disebelah barat, Samudra Hindia disebelah selatan, dan teluk Bengal di sebelah timur. India memiliki 15% dari Populasi Dunia, Negara dengan Populasi terbesar kedua setelah Cina. India Juga Merupakan Salah satu Negara dengan etnik paling berbeda di dunia.
Masyarakat India telah memiliki peradaban di India lebih dari 5000 tahun. Urbanisasi Besar-besaran Didasari oleh perniagaan da perdaganagan pertanian mulai di Lembah Sungai Indus (di Barat Laut) sekitar 3000 SM. Sejak saat itu, berbagai macam kerajaan berkuasa di Asia Selatan yang sering Mempersatukan para pejabat kaya, Masing masing memberikan kontribusi pada daerah yang berbeda dalam budaya,agama, dan teknologi. Peta politik kuno dan India Era pertengan dibuat oleh banyak kerajaan dengan perbatasan yang berubah-ubah. Pada Abad ke-4 dan 5 Masehi, bagian utara india berhasil disatukan oleh Dinasti Gupta. Periode ini dikenal sebagai zaman emas india.Sains,sastra dan seni berhiaskan budaya Hindu.
Perekonomian eropa dengan India setelah Portugis tiba pada tahun 1498. Benteng Luar pertama orang inggris di bentuk di perusahaan India bagian selatan tahun 1619, stasiun perdagangan terus menerus dibuka dibagian lain selama akhir abad ke 17. Orang Inggris Memperluas pengaruhnya mulai dari sini sampai tahun 1850-an, mereka mengendalikan-secara politik, militer dan ekonomi-daerah yang saat ini dikenal sebagai India, Pakistan, Sri Lanka, dan Bangladesh. Demonstrasi Massa terhadap aturan kolonial Inggris mulai pada tahun 1920-an dibawah Kepemimpinan Mohandhas Gandhi dan Jawaharlah Nehru. Pemberontakan sipil yang makin meningkat dan perang dunia II pada akhirnya Menyebabkan India merugi dan sulit untuk mengatasinya dan Pemerintah Inggris menjamin kemerdekaaan pada tahun 1947.
Dari 1947 sampai akhir 1970-an, ekonomi India digolongkan dengan bergaya program pemerintah pusat sosialis pemerintah pusat terpusat dan industry pengganti barang impor. Produksi ekonomi ekonomi telah berubah dari pertanian, kehutanan, perikanan, dan manufaktur tekstil dengan beragam industri berat dan transportasi. Akan tetapi, kurangnya persaingan berakibat pada rendahnya kualitas produk dan inefisiensi  dalam produksi. Menghadap krisis ekonomi, pemerintah mulai melaksanakan ekonomi terbuka pada tahun 1991.Reformasi ekonomi pasar diadopsi sejak itu, termasuk privatisasi  industri pemerintah, pembebasan industri asing dan rezim bursa, pengurangan tarif dan hambatan lainnya, perubahan dan modernisasi sektor keuangan, penyesuaian kekuasaan pemerintah secara signifikan dan kebijakan fiskal, serta penjagaan hak intelektual. Akan tetapi, sebagian besar industri berat masih dimiliki pemerintah dan tarif tinggi serta tinggi serta membatasi investasi asing langsung masih terjadi. Sektor jasa telah terbukti menjadi sektor india yang paling dinamis pada saat itu, di mana telekomunikasi  dan tehnologi informasi memiliki pertumbuhan yang pesat. 

Regulasi dan Pelaksanaan Akuntansi
Pengaruh bangsa inggris pada akuntansi: pelaporan keuangan ditujukan pada saat presentasi wajar dan profesi Akuntansi independen yang mengatur standar akuntansi dan proses audit. Dua sumber standar akuntansi keuangan di india adalah lembaga hukum dan profesi akuntansi. Penetapan Lembaga pertama diatur dalam undang undang tahun 1857, dan hukum pertama berhubungan dengan pemeliharaan dan pemeriksaan catatan akuntansi yang telah dilaksanakan pada tahun 1866, bersamaan dengan kualifikasi resmi auditor pertama. Keduanya berlandaskan hukum inggris.
Akta perusahaan 1956 diatur dan diperbarui oleh agen pemerintahan, departemen urusan perusahaan. Akta tersebut menyediakan cara kerja yang luas yang disebut kitab akuntansi dan persyaratan untuk sebuah audit. menurut akta kitab akuntansi:
·       Harus memberikan sudut pandang yang adil dan sebenarnya menyangkut status urusan perusahaan
·          Harus  tetap pada basis akrual dengan sistem akuntansi pencatatan ganda.  
Akta ini mewajibkan neraca yang telah diaudit dan akun laba-rugi telah ditandatangani oleh jajaran direktur. Laporan tambahan diretur harus memuat status urusan perusahaan, ketetapan materinya, rekomendasi dividen, daninformasi penting lainnya guna memahami sifat bisnis perusahaan dan anak perusahaan.
The institute of chartered Accountants of india yang didirikan pada tahun 1949 mengatur izin profesi akuntansi dan bertanggung jawab untuk mengembangkan standar akuntansi dan proses audit. Anggota Lembaga Akuntansi dikenal sebagai akuntan terdaftar dan institute yang dikelola oleh organisasi professional lain, seperti auditor, didirikan di madras tahun 1927.
Ada 22 saham di india, yang paling tua adalah Mumbai (Bombay) bursa saham, didirikan pada tahun 1857dan sekarang terdaftar dari lebih dari 6000 saham.ketentuan agen yang mengawasi fungsi pasar modal adalah securities dan exchange board of india (SEBI), agen departemen keuangan yang dibentuk tahun 1988 dan diberi kewenangan secara hukum 1992. Pada garis besarnya Pembukuan dan pengungkapan kebutuhan bagi perusahaan terdaftar sama dengan mereka yang ada di AS.

Pelaporan Keuangan
Laporan Keuangan terdiri atas neraca dua tahun,laporan laba rugi, laporan arus kas dan kebijakan akuntansi dan catatan. Perusahaan yang tidak terdaftar hanya perlu menyiapkan laporan intinya saja, akan tetapi bagi perusahaan yang terdafar harus menyiapkan laporan gabungan dan laporan inti. Bukan laporan ekuitas pemegang saham maupun laporan laba menyeluruh yang diminta. Laporan keungan harus menyajikan pandangan yang adil dan benar, namun tidak ada penolakan kebenaran dan keadilan selama dikawasan Britania Raya.

Pengukuran Akuntansi
Anak perusahaan digabungkan ketika induk perusahaan memiliki saham lebih dari setengah kemampuan voting atau mengontrol pengaturan komposisi dewan direktur. Tidak ada standar pembukuan untuk penggabungan usaha, tetapi kebanyakan dari mereka dihitung sebagai pembelian. Akan tetapi, metode penyatuan bunga  (pooling) digunakan bagi perusahaan merger (disebut amalgamation). Goodwill berbeda dengan perhitungan yang ada dan hasil jumlah aset dan hutang yang diperoleh. Praktik yang beragam antara goodwill yang tidak diamortisasi dengan yang diamortisasi sudah berlangsung lebih dari 10 tahun. Goodwill juga dikaji ulang untuk penurunan nilainya. penggabungan yang proporsional digunakan kesatuan kendali gabungan (Joint Venture). Metode Ekuitas digunakan pada akun afiliasi-terhadap entitas yang memiliki pengaruh signifikan namun bukan Kendali.
Aset tetap dinilai baik dalam harga perolehan atau harga wajar. Revaluasi harus ditetapkan pada keseluruhan golongan aset tetap, tapi tidak ada persyaratan yang menyatakan bahwa revaluasi bisa dilakukan dalam interval beraturan. Depresiasi dialokasikan secara berkala terhadap penggunaan asset. Jika Aset direvaluasi, depresiasi didasari oleh jumlah yang direvaluasi. aset tidak berwujud biasanya diamortisasi lebih dari 10 tahun. Goodwill dari dalam atau aset tidak berwujud lainnya (Contohnya merek dagang) tidak diakui sebagai asset. Biaya penelitian dibebankan saat terjadinya, namun biaya pengembangan bisa ditangguhkan jika kelayakn produk atau prosestelah diperlihatkan dan biaya pemulihan masuk akal. Biaya Persediaan dapat dihitung lebih rendah atau nilai bersih yang dapat dicapai. FIFO dan rata rata adalah metode arus kas yang bisa diterima. 


BAB III
PENUTUP
3.1    Kesimpulan
Akuntansi Komparatif Amerika dan Asia membahas akuntansi dari lima negara, dua di benua Amerika (Meksiko dan Amerika Serikat) serta tiga di benua Asia (Cina, India, dan Jepang).
Akuntansi di Amerika Serikat diatur oleh badan sektor khusus Dewan Standar Akuntansi Keuangan (Financial Accounting Standard Board-FASB). Penggabungan bisnis dihitung seperti sebuah pembelian. Amerika Serikat bergantung pada harga perolehan untuk menilai aset berwujud dan aset tidak berwujud. Sedangkan Meksiko merupakan negara dengan perekonomian terbesar kedua belas (dalam hal produk domestik bruto). Praktik perusahaan Meksiko terus dipegaruhi ekspeektasi pasar AS. Gambaran lain dari akuntansi Meksiko adalah menggunakan akuntansi harga umum sebagai dasar perhitungan.
Pembukuan dan laporan keuangan Jepang menggambarkan adanya percampuran dari pengaruh domestik dan internasional. Regulasi akuntansi berdasarkan pada tiga badan hukum: Undang-undang perusahaan (Company Law), undang-undang pertukaran dan sekuritas (Securities and Exchange Law), dan undang-undang pajak penghasilan perusahaan (Corporate Income Tax Law). Ekonomi Cina saat ini digambarkan sebagai ekonomi hibrid, dimana negara mengontrol komoditas dan industri strategis. Praktik akuntansi Cina diseragamkan dengan praktik internasional setelah Departemen Keuangan mengeluarkan Accounting Standards for Business Enterprises (ASBE) dan penggabungan bisnis dihitung seperti sebuah pembelian. Dan terdapat dua sumber standar akuntansi keuangan di india yaitu lembaga hukum dan profesi akuntansi. Kebanyakan penggabungan usaha dihitung sebagai pembelian, dan aset tetap dinilai baik dalam harga perolehan atau harga wajar.
  

DaftarPustaka

Frederick D.S. Choi dan Gary K. Meek.  2010. International Accounting, 6th ed. Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar