Menurut Undang-undang No. 25 tahun 1992 Pasal 4
dijelaskan bahwa koperasi memiliki fungsi dan peranan antara lain yaitu
mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi anggota dan masyarakat, berupaya
mempertinggi kualitas kehidupan manusia, memperkokoh perekonomian rakyat,
mengembangkan perekonomian nasional, serta mengembangkan kreativitas dan jiwa
berorganisasi bagi pelajar bangsa.
Peran koperasi dalam memajukan perekonomian masyarakat
dari dulu hingga saat ini sangat lah banyak. Karena masyarakat dapat
meminjam atau berdagang pada koperasi tersebut. Bukan hanya itu saja
peranan yang dilakukan koperasi juga dapat membantu Negara untuk menggembangkan
usaha kecil yang ada dalam masyarakat.
Peranan koperasi dalam perekonomian Indonesia adalah:
1.
Alat pendemokrasi ekonomi
- Alat
perjuangan ekonomi untuk mempertinggi kesejahteraan rakyat
- Membantu
pemerintah dalam mengelola cabang-cabang produksi yang tidak menguasai
hajat hidup orang banyak
- Sebagai
soko guru perekonomian nasional Indonesia (tiang utama pembangunan ekonomi
nasional)
- Membantu
pemerintah dalam meletakkan pondasi perekonomian nasional yang kuat dengan
menjalankan prinsip-prinsip koperasi Indonesia
Peran
Koperasi diberbagai Keadaan Persaingan
1.
Di
Pasar Persaingan Sempurna
Ciri-ciri pasar persaingan
sempurna:
-
Adanya
penjual dan pembeli yang sangat banyak
-
Produk
yang dijual perusahaan adalah sejenis (homogen)
-
Perusahaan
bebas untuk masuk dan keluar
-
Para
pembeli dan penjual memiliki informasi yang sempurna
2.
Di
Pasar Monopolistik
-
Banyak
penjual atau pengusaha dari suatu produk yang beragam
-
Produk
yang dihasilkan tidak homogeny
-
Ada
produk substitusinya
-
Keluar
atau masuk ke industri relatif mudah
-
Berbeda-beda
sesuai dengan keinginan penjualnya
3.
Di
Pasar Monopsoni
-
Disini
ada penjual banyak tetapi hanya ada satu pembeli.
4.
Di
Pasar Oligopoli
Oligopoli
adalah struktur pasar dimana hanya ada beberapa perusahaan (penjual) yang
menguasai pasar Dua strategi dasar untuk Koperasi dalam pasar oligopoli yaitu
strategi harga dan non harga.
Untuk
menghindari perang harga, perusahaan akan mengadakan product defferentiation
dan memperluas pasar dengan cara melakukan kegiatan advertensi, membedakan mutu
dan bentuk produk.
·
Penawaran
Harga yang bersifat Predator
·
Price
Leadership
KESIMPULAN
Fungsi dan Peranan Koperasi
antara lain
yaitu mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi anggota dan masyarakat,
berupaya mempertinggi kualitas kehidupan manusia, memperkokoh perekonomian
rakyat, mengembangkan perekonomian nasional, serta mengembangkan kreativitas
dan jiwa berorganisasi bagi pelajar bangsa.
Peranan yang
dilakukan koperasi juga dapat membantu Negara untuk menggembangkan usaha kecil
yang ada dalam masyarakat.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar