Di
postingan sebelumnya, saya telah menceritakan pengalaman mengikuti berbagai macam
tes menjadi Aslab, hingga akhirnya menjadi bagian dari Labamen. Nah, sekarang
saya akan menceritakan pengalaman training Aslab Labamen.
Pada
tanggal 6 September 2015 Kak Farrel yang merupakan spv dari Labamen mengumumkan
bahwa training akan dimulai dari tanggal 8 sampai tanggal 12 September. Para
asisten menggunakan pakaian praktikum seperti biasa. Untuk pria menggunakan
sepatu pantopel dan untuk wanita menggunakan sepatu flat shoes. Training di
bagi 2 sesi, yaitu dari pukul 08.30-12.00 dan pukul 13.00-17.00. Training akan
di adakan di Elab545. Untuk jadwal training hari Selasa materi Aklan, Rabu
materi Audit, Kamis - Jum’at Pagi materi Dea, Jum’at Siang - Sabtu materi MYOB.
Pagi
hari dengan udara yang sangat menyejukkan saya sudah tiba di kampus E kelapa
dua. Di dpr sudah ramai oleh asisten yang akan mengikuti training. Sebagian
dari mereka ada yang sedang menunggu temannya yang belum datang, sebagian
lainnya ada yang sedang merapihkan kemeja dan mengganti sepatu yang ia pakai
sebelumnya dengan sepatu pantopel. Tidak lama saya di dpr, saya dan teman-teman
lainnya langsung bergegas ke gedung E545. Setibanya di E545, ternyata di
koridor Labamen sudah di penuhi oleh asisten lainnya yang berasal dari Depok,
Kalimalang, Salemba, Cengkareng, dan Karawaci. Tidak lama kemudian pintu Lab di
buka dan kami di perintahkan untuk masuk ke dalam Lab.
Tadinya
saya berfikir bahwa kalau training kita bebas mau duduk dimana saja dan duduk
dengan siapa saja. Tapi kenyataannya tidak demikian. Kita duduk berdasarkan
kelompok yang sudah di tentukan sebelumnya. Kurang lebih ada 8 kelompok yang di
buat, masing-masing 1 kelompok terdiri dari 8 atau 9 orang. Di dalam kelompok
tersebut nama-nama asistennya bukan hanya satu region saja, tetapi dari semua
region ada pada tiap-tiap kelompok. Saya saat training masuk kelompok B yang
terdiri dari Rini (Aslab Kalimalang), Citra (Aslab Kalimalang), Windi (Aslab
Salemba), Kak Dikur (Aslab Depok), Kak Adi (Aslab Depok), Indira (Aslab Depok),
Syifa (Aslab Depok), Kak Kartika (Aslab Kalimalang), dan Saya sendiri (Aslab
Depok). Tempat duduk dari masing-masing kelompok juga bergantian selama
training.
Sesuai
dengan jadwal yang sudah diberitahukan bahwa hari pertama training membahas
materi mengenai Akuntansi Lanjut 1. Untuk Bab 1 dan Bab 2 pada waktu itu
dijelaskan oleh Kak Astami pada pukul 08.30-12.00, Bab 3 dan Bab 4 di jelaskan
oleh Kak Kartika pada pukul 13.00-17.00. Setiap sub dari masing-masing Bab di
jelaskan secara rinci. Tidak hanya materinya saja yang dijelaskan, tetapi cara
mencari perhitungan dan pembuatan neraca konsolidasi juga di jelaskan secara
rinci. Kami diberikan soal latihan untuk setiap materi. Untuk materi Aklan,
kami tidak menggunakan komputer melainkan di tulis secara manual.
Hari
kedua training membahas materi mengenai Pemeriksaan Akuntansi 1. Untuk materi
Rekonsiliasi Bank dan Pemeriksaan Kas dan Setara Kas di jelaskan oleh Kak Esty.
Materi Pemeriksaaan Piutang dan Pemeriksaan Hutang Jangka Panjang juga di
jelaskan oleh Kakak Aslabnya secara rinci. Untuk materi Pemeriksaan Akuntansi 1
ini, kita menggunakan Ms. Exel pada komputer dan yang menggunakan Exel adalah
materi Pemeriksaan Kas dan Setara Kas, Pemeriksaan Piutang, dan Pemeriksaan
Hutang Jangka Panjang. Untuk materi Rekonsiliasi Bank di tulis secara manual.
Seperti biasa setiap pembahasan di berikan soal latihan.
Hari
ketiga training membahas materi Akuntansi Keuangan Menengah. Untuk materi AKM
ini kita menggunakan software DEA. Untuk materi ini kami di jelaskan oleh Kak
Adi dan Kak Risky. Kak Adi menjelaskan kepada kami bagaimana cara membuat data
perusahanan baru, menginput nama akun yang di gunakan oleh perusahaan tersebut,
menginput price breaks, terms, dan tax, menginput data customer dan data
vendor, menginput products dan services, serta menginput saldo awal akun, saldo
awal piutang dan hutang, dan saldo awal persediaan. Kak Risky menjelaskan kasus
transaksi General Ledger, Receivable Ledger, dan Payable Ledger disertai dengan
membuat jurnal, cara mencari perhitungan-perhitungan (jika ada), dan bagaimana
menginput jurnal dari masing-masing transaksi ke dalam software DEA.
Hari
ke empat dan kelima training membahas materi Perangkat Lunak Akuntansi. Untuk
materi PLA ini kita menggunakan software MYOB versi 8. Materi PLA ini kami di
jelaskan oleh Kak Dana dan Kak Raesita. Kak Dana menjelaskan kepada kami cara
membuat data perusahaan baru, menginput nama akun yang di gunakan oleh
perusahaan, membuat setup link account untuk account & banking, sales
account, dan purchase account. Membuat link pajak, membuat data customer, data
supplier, employee card, item list, dan activity list juga menginput saldo awal
perusahaan. Kak Raesita menjelaskan bagaimana menginput transaksi ke dalam
software MYOB mulai dari transaksi Purchase A, Purchase B, Sales A, Sales B,
Account & Banking Account, Time Billing A, dan Time Billing B. Semua materi
tersebut di jelaskan dengan jelas dan rinci.
Saat
training bukan hanya menjelaskan semua materi saja tetapi spv juga menjelaskan
bagaimana membuat rekapan absen untuk asisten, KP, dan Tutor. Selain itu, spv
juga menjelaskan mengenai TP yang di dapat dari masing-masing asisten.
Hari
terakhir training, beberapa staff dan para alumni datang ke Lab. Akuntansi
Menengah. Staff yang hadir pada waktu itu memberikan ucapan selamat kepada kami
semua, dan memberikan beberapa nasihat untuk kami. Para alumni selain
memperkenalkan diri, mereka juga menceritakan pengalaman mereka dari menjadi
aslab hingga pengalaman mereka mencari pekerjaan. Selain itu di hari terakhir
training semua asisten dan programmer angkatan 2015 berfoto bersama. Dan selesai
sudah training yang kami jalani selama 5 hari ini.
Jadi,
ini cerita saya mengenai training Labamen. Semoga postingan ini bermanfaat
untuk kalian yaaa. Terimakasih telah menyempatkan untuk membaca tulisan saya
yang amat sederhana ini J
Tidak ada komentar:
Posting Komentar