Rabu, 06 Januari 2016

Training Lab. Akuntansi Menengah



Di postingan sebelumnya, saya telah menceritakan pengalaman mengikuti berbagai macam tes menjadi Aslab, hingga akhirnya menjadi bagian dari Labamen. Nah, sekarang saya akan menceritakan pengalaman training Aslab Labamen.
Pada tanggal 6 September 2015 Kak Farrel yang merupakan spv dari Labamen mengumumkan bahwa training akan dimulai dari tanggal 8 sampai tanggal 12 September. Para asisten menggunakan pakaian praktikum seperti biasa. Untuk pria menggunakan sepatu pantopel dan untuk wanita menggunakan sepatu flat shoes. Training di bagi 2 sesi, yaitu dari pukul 08.30-12.00 dan pukul 13.00-17.00. Training akan di adakan di Elab545. Untuk jadwal training hari Selasa materi Aklan, Rabu materi Audit, Kamis - Jum’at Pagi materi Dea, Jum’at Siang - Sabtu materi MYOB.
Pagi hari dengan udara yang sangat menyejukkan saya sudah tiba di kampus E kelapa dua. Di dpr sudah ramai oleh asisten yang akan mengikuti training. Sebagian dari mereka ada yang sedang menunggu temannya yang belum datang, sebagian lainnya ada yang sedang merapihkan kemeja dan mengganti sepatu yang ia pakai sebelumnya dengan sepatu pantopel. Tidak lama saya di dpr, saya dan teman-teman lainnya langsung bergegas ke gedung E545. Setibanya di E545, ternyata di koridor Labamen sudah di penuhi oleh asisten lainnya yang berasal dari Depok, Kalimalang, Salemba, Cengkareng, dan Karawaci. Tidak lama kemudian pintu Lab di buka dan kami di perintahkan untuk masuk ke dalam Lab.
Tadinya saya berfikir bahwa kalau training kita bebas mau duduk dimana saja dan duduk dengan siapa saja. Tapi kenyataannya tidak demikian. Kita duduk berdasarkan kelompok yang sudah di tentukan sebelumnya. Kurang lebih ada 8 kelompok yang di buat, masing-masing 1 kelompok terdiri dari 8 atau 9 orang. Di dalam kelompok tersebut nama-nama asistennya bukan hanya satu region saja, tetapi dari semua region ada pada tiap-tiap kelompok. Saya saat training masuk kelompok B yang terdiri dari Rini (Aslab Kalimalang), Citra (Aslab Kalimalang), Windi (Aslab Salemba), Kak Dikur (Aslab Depok), Kak Adi (Aslab Depok), Indira (Aslab Depok), Syifa (Aslab Depok), Kak Kartika (Aslab Kalimalang), dan Saya sendiri (Aslab Depok). Tempat duduk dari masing-masing kelompok juga bergantian selama training.
Sesuai dengan jadwal yang sudah diberitahukan bahwa hari pertama training membahas materi mengenai Akuntansi Lanjut 1. Untuk Bab 1 dan Bab 2 pada waktu itu dijelaskan oleh Kak Astami pada pukul 08.30-12.00, Bab 3 dan Bab 4 di jelaskan oleh Kak Kartika pada pukul 13.00-17.00. Setiap sub dari masing-masing Bab di jelaskan secara rinci. Tidak hanya materinya saja yang dijelaskan, tetapi cara mencari perhitungan dan pembuatan neraca konsolidasi juga di jelaskan secara rinci. Kami diberikan soal latihan untuk setiap materi. Untuk materi Aklan, kami tidak menggunakan komputer melainkan di tulis secara manual.
Hari kedua training membahas materi mengenai Pemeriksaan Akuntansi 1. Untuk materi Rekonsiliasi Bank dan Pemeriksaan Kas dan Setara Kas di jelaskan oleh Kak Esty. Materi Pemeriksaaan Piutang dan Pemeriksaan Hutang Jangka Panjang juga di jelaskan oleh Kakak Aslabnya secara rinci. Untuk materi Pemeriksaan Akuntansi 1 ini, kita menggunakan Ms. Exel pada komputer dan yang menggunakan Exel adalah materi Pemeriksaan Kas dan Setara Kas, Pemeriksaan Piutang, dan Pemeriksaan Hutang Jangka Panjang. Untuk materi Rekonsiliasi Bank di tulis secara manual. Seperti biasa setiap pembahasan di berikan soal latihan.
Hari ketiga training membahas materi Akuntansi Keuangan Menengah. Untuk materi AKM ini kita menggunakan software DEA. Untuk materi ini kami di jelaskan oleh Kak Adi dan Kak Risky. Kak Adi menjelaskan kepada kami bagaimana cara membuat data perusahanan baru, menginput nama akun yang di gunakan oleh perusahaan tersebut, menginput price breaks, terms, dan tax, menginput data customer dan data vendor, menginput products dan services, serta menginput saldo awal akun, saldo awal piutang dan hutang, dan saldo awal persediaan. Kak Risky menjelaskan kasus transaksi General Ledger, Receivable Ledger, dan Payable Ledger disertai dengan membuat jurnal, cara mencari perhitungan-perhitungan (jika ada), dan bagaimana menginput jurnal dari masing-masing transaksi ke dalam software DEA.
Hari ke empat dan kelima training membahas materi Perangkat Lunak Akuntansi. Untuk materi PLA ini kita menggunakan software MYOB versi 8. Materi PLA ini kami di jelaskan oleh Kak Dana dan Kak Raesita. Kak Dana menjelaskan kepada kami cara membuat data perusahaan baru, menginput nama akun yang di gunakan oleh perusahaan, membuat setup link account untuk account & banking, sales account, dan purchase account. Membuat link pajak, membuat data customer, data supplier, employee card, item list, dan activity list juga menginput saldo awal perusahaan. Kak Raesita menjelaskan bagaimana menginput transaksi ke dalam software MYOB mulai dari transaksi Purchase A, Purchase B, Sales A, Sales B, Account & Banking Account, Time Billing A, dan Time Billing B. Semua materi tersebut di jelaskan dengan jelas dan rinci.
Saat training bukan hanya menjelaskan semua materi saja tetapi spv juga menjelaskan bagaimana membuat rekapan absen untuk asisten, KP, dan Tutor. Selain itu, spv juga menjelaskan mengenai TP yang di dapat dari masing-masing asisten.
Hari terakhir training, beberapa staff dan para alumni datang ke Lab. Akuntansi Menengah. Staff yang hadir pada waktu itu memberikan ucapan selamat kepada kami semua, dan memberikan beberapa nasihat untuk kami. Para alumni selain memperkenalkan diri, mereka juga menceritakan pengalaman mereka dari menjadi aslab hingga pengalaman mereka mencari pekerjaan. Selain itu di hari terakhir training semua asisten dan programmer angkatan 2015 berfoto bersama. Dan selesai sudah training yang kami jalani selama 5 hari ini.



Jadi, ini cerita saya mengenai training Labamen. Semoga postingan ini bermanfaat untuk kalian yaaa. Terimakasih telah menyempatkan untuk membaca tulisan saya yang amat sederhana ini J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar